Review Anime: Anime Movies 2016 - Kimi no Na wa (Your Name)

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang salah satu anime movie yang booming pada tahun 2016 ini yang berjudul kimi no na wa.Untuk lebih banyak post menarik klik Home

https://myanimelist.cdn-dena.com/images/anime/7/79999.jpgKimi no Na wa adalah salah satu anime movie yang booming di tahun 2016 yang pada penayangan perdananya di bioskop yaitu pada tanggal 26 Agustus 2016, anime movie ini sudah memiliki banyak keuntungan, anime movie karya Makoto Shinkai ini telah meraup keuntungan sebesar 10 milyar yen dan pendapatan itu masih bisa bertambah. dan pada bulan pertama setelah penayangannya, anime movie kimi no na wa telah mengalahkan top 5 box office/movies di dunia seperti fast furious 7, jurrasic world, dan avatar.

Anime movie kimi no na wa ini ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai, Makoto Shinkai sendiri adalah seorang yang  terkenal di dunia perfilman anime, beberapa karya Makoto Shinkai antara lain adalah Byousoku 5 cm, Cross road, Dareka no manazashi, Hoshi no koe, Kotonoha no niwa, dll. berikut informasi mengenai anime movie kimi no na wa  :

Informasi

Type: Movie  
Episodes: 1
Status: Finished Airing
Aired: Aug 26, 2016
Producers: Kadokawa Shoten, Toho Company, Lawson HMV Entertainment, Amuse, East Japan Marketing & Communications
Licensors: FUNimation Entertainment
Studios: CoMix Wave Films
Source: Original
Genres: Drama, Romance, School, Supernatural
Duration: 1 hr. 46 min.
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Informasi tersebut saya ambil dari MyAnimeList
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang anime movie ini dari segi cerita, gambar, karakter, dan musik, sebelum saya masuk ke pembahasan saya menganjurkan untuk anda yang tidak menyukai  SPOILER agar berhati hati dalam membacanya, tapi saya akan mencoba membahas anime movie ini dengan meminimalkan adanya SPOILER, baiklah mari kita bahas pembahasan pertama.
 

 

 Story

SPOILER ALLERT! 

Dari segi cerita, anime movie ini memiliki latar belakang di kota Tokyo dan sebuah pedesaan, dimana kota Tokyo adalah tempat tinggal dari Taki dan pedesaan yang merupakan tempat tinggal oleh Mitsuha.

Pada bagian awal cerita akan menceritakan tentang Mitsuha yang bermimpi menjadi orang lain dan menjalani kehidupan orang tersebut.

Pada awallnya Mitsuha hanya menganggap itu hanya sebuah mimpi aneh, tapi setelah Mitusuha ke sekolah dan teman - temannya menceritakan tentang kejadian kemarin, Mitsuha mulai merasa ada yang aneh, ditambah dengan catatan di bukunya yang bertuliskan "Siapa Kau ?".

Hasil gambar untuk kimi no na wa

Keesokan harinya saat Mitsuha terbangun dari tidurnya dia kembali bermimpi menjadi orang lain dan menjalani kehidupan orang tersebut, setelah menjalani kehidupan orang tersebut Mitsuha mengetahui bahwa orang yang di masuki tubunya tersebut bernama Taki dan dia adalah seorang siswa SMA yang seumuran dengan Mitsuha dan tinggal di Tokyo.

Ternyata mimpi tersebut adalah kejadian aneh yang mengakibatkan tubuh Mitsuha dan Taki mengalami petukaran jiwa karena sebab yang tidak di ketahui.

Setelah mengetahui kejadian aneh tersebut, Mitsuha dan Taki akhirnya menerima dan mereka membuat peraturan agar saat mereka bertukar tubuh ada peraturan yang harus di patuhi.
Hasil gambar untuk kimi no na wa 

Setelah beberapa kali bertukar tubuh, Taki dan Mitsuha akhirnya telah terbiasa dengan kejadian aneh tersebut, dan mereka akhirnya terbiasa melakukan aktivitas dengan kondisi tubuh mereka tertukar, mereka juga mengetahui keluarga, teman, dan lingkungan masing-masing, akan tetapi mereka tidak pernah saling bertemu secara langsung.

Sampai pada suatu ketika, pertukaran tubuh mereka tidak pernah terjadi lagi dan pada bagian cerita ini akan menceritakan tentang kehidupan Taki.

Taki yang mulai gelisah karena tubuh mereka tidak pernah bertukar lagi ingin menemui mitsuha secara langsung, akan tetapi Taki tidak tahu dimana letak tempat tinggal Mitsuha, Taki hanya mengetahui tentang lingkungan tempat tinggal Mitsuha, akhirnya taki menggambar lingkunan tempat tinggal mitsuha yang diingatnya pada saat mereka bertukar tubuh dulu dan menjadikan gambar tersebut menjadi sebuah petunjuk.

Hasil gambar untuk kimi no na wa

Pada saat liburan, Taki berniat pergi mencari tahu tempat tinggal mitsuha ditemani dengan 2 orang teman lainnya yang memaksa Taki untuk ditemani, setelah mencari tempat tinggal Mitsuha, Taki akhirnya diberitahu bahwa gambar tersebut dalah sebuah pulau yang terletak di suatu tempat, tanpa pikir panjang taki menuju tempat tersebut, dan alangkah sangat terkejutnya, ternyata pulau tersebut adalah sebuah pulau yang telah mengalami bencana alam, dimana sebuah meteor jatuh menimpa pulau tersebut, dan lebih terkejutnya lagi, ternyata bencana meteor terebut terjadi beberapa tahun yang lalu.

Taki tidak percaya dan akhirnya mengecek daftar nama penghuni pulau tersebut yang menjadi korban tragedi bencana meteor yang menimpa pulau tersebut, dan tenyata Mitsuha terdaftar sebagai salah satu korban bencana alam tersebut, dan paraahnya lagi ingatan taki mengenai kehidupan Mitsuha mulai terganggu dan sedikit demi sedikit mulai menghilang.

Setelah mengatehui hal tersebut, Taki akhirnya mengunjungi tempat yang telah di kunjunginya pada saat Taki bertukar tubuh dengan Mitsuha, Taki pergi ke gunung tempat tubuh dewa kuil miyamizu yang di kunjunginya bersama nenek dan adik Mitsuha pada saat mereka bertukar tubuh.

Hasil gambar untuk kimi no na wa

Setelah meminum kuchikamizake (sejenis sake yang difermentasi dari beras yang dikunyah lalu di beri wadah dan di biarkan hinnga menjadi sake) tubuh Taki dan Mitsuha tiba - tiba tertukar dan pada saat itu Mitsuha masih hidup dan tempat tinggal Mitsuha masih belum tertimpa oleh meteor, tapi meteor yang akan menimpa tempat tinggal mitsuha sebentar lagi akan jatuh.

Taki melalui tubuh Mitsuha akhirnya memperingati seluruh warga desa bahwa akan ada meteor yang menimpa pulau mereka, tapi tidak ada yang percaya kecuali 2 sahabat Mitsuha yaitu Sayaka dan Teshigawara. Mereka membuat suatu rencana untuk meyakinkan para penduduk untuk mengungsi ke tempat yang aman. ditengah rencana Taki pergi ke gunung tempat diamana tubuhnya tertukar dengan Mitsuha. pada saat di puncak gunung mereka mendengar suara mereka masing masing tapi tubuh mereka tidak terlihat, pada saat mereka putus asa terjadilah saat katawaredoki (waktu antara sore menjelang malam) dan mereka akhirnya bertemu.

Hasil gambar untuk kimi no na wa

Pada saat saling menuliskan nama untuk diingat nanti, tubuh mereka tiba tiba bertukar kembali ke posisi awal(tubuh dan jiwa yang sebenarnya), nama mitsuha belum sempat tertulis di tangan Taki dan taki berusaha untuk mengingat nama Mitsuha tetapi Taki tetap tidak bisa mengingatnya dan lupa akan Mitsuha seketika itu juga.

Mitsuha yang harus menjalankan rencana agar penduduk pulau selamat dari meteor kembali ke pulau, di perjalanan Mitsuha mencoba untuk tetap mengingat nama Taki tetapi dia tetap tidak bisa ingat dan melupakan nama Taki.

Hasil gambar untuk kimi no na wa

Rencana untuk mengevakuasi penduduk akhirnya berhasil meski sempat terjadi masalah, di tengah perjalanan untuk menuju ke tempat aman Mitsuha terjatuh dan pingsan, tetapi karena tekadnya untuk bertemu seseorang (Taki) dia melihat pergelangan tangannya dan disitu tertulis "Aku menyukaimu", dengan perasaan terhadap seseorang yang dicintainya tapi dia tidak bisa mengingat namanya Mitsuha kembali berjalan menuju ke tempat pengungsian.

Cerita kembali ke Taki yang pingsan di gunung setelah pertemuannya dengan seseorang yang dia tidak ingat namanya (Mitsuha), crita kemudian mengambil latar beberapa tahun setelahnya, pada saat Taki sudah lulus SMA dan mulai mencari kerja.
Hasil gambar untuk kimi no na wa


Dengan perasaan kehilangan dan mencari seseorang yang dia tidak ingat namanya, Taki tetap mencari pekerjaan, dan sampai pada saat taki menaiki sebuah kereta dan melihat keluar jendela, dia bertemu dengan seorang wanita (Mitsuha) yang berada di kereta lain dan wanita itu (Mitsuha) juga melihat ke arah Taki dengan Perasaan terkejut.

Taki akhirnya turun dari kereta dan pergi menuju ke stasiun kereta, di tengah jalan dia bertemu dengan wanita (Mitsuha)  yang ternyata wanita itu (Mitsuha) juga ingin menemui Taki di stasiun. mereka menaiki tangga dan saling melirik tetapi tidak ada yangt berani saling menyapa, akhirnya Taki memberanikan diri untuk bicara dan menanyakan wanita tersebut (Mitsuha) apakah mereka pernah bertemu sebelumnya, Wanita itu (Mitsuha) menjawab bahwa dia juga merasa mereka pernah bertemu.

Hasil gambar untuk kimi no na wa
Akhirnya mereka menanyakan nama masing - masing dan SELESAI.

 

Art

Art atau kualitas gambar dan detail gambar pada anime movie kimi no na wa ini sangat bagus, anime yang digarap oleh Makoto Shinkai ini memiliki desain gambar yang sangat detail dan smooth, jadi bagi kalian yang ingin menonton anime movie ini jangan khawatir dengan kualitas art anime ini.

Karena beberapa alasan saya belum bisa menyertakan screenshoot untuk membuktikan art dari anime movie ini, tapi saya akan memberikan screenshoot segera.

 

Characters

Karakter dalam anime ini cukup banyak, saya akan menjelaskan karakter utamanya terlebih dahulu.

Tachibana Taki

 Taki Tachibana


Tanggal lahir: 9 Mei
Zodiac: Taurus

Seorang siswa yang tinggal di pinggiran kota Tokyo, waktu kesehariannya, dia mengisi waktu luangnya bersama teman - temannya dan bekerja paruh waktu sebagai pelayan di restoran italia, dia mempunyai perasaan pada rekan kerjanya sekaligus seniornya yang bernama Okudera. dia juga pandai menggambar sketsa.

Taki tinggal di sebuah apartemen bersama dengan ayahnya, dia adalah orang yang ramah, tapi kadang - kadang dia sangat berpegang teguh pada pendiriannya. dia adalah orang yang suka menolong dan orang yang sibuk, kadang - kadang dia sangat sentitif dengan orang yang berada di sekitarnya. dia juga orang yang gampang marah yang menjadikannya sangat peduli dengan orang lain.

Miyamizu Mitsuha

Mitsuha Miyamizu 

Tanggal lahir: 28 April
Umur:16-21
Zodiac: Taurus

Mitsuha adalah seorang keturunan pendeta kuil miyamizu, dia tinggal bersama adik dan neneknya, ibunya telah meninggal sedangkan ayahnya adalah seorang wali kota.

Mitsuha adalah orang yang baik, seperti Taki dia adalah orang yang teguh terhadap pendiriannya, dan dia adalah seorang petualang. Mitsuha ingin tinggal di Tokyo karena kehidupannya yang menyedihkan dan mulai lelah tinggal di pulau terpencil.

Adapun karakter support antara lain:

Fujii Tsukasa
Fujii Tsutomu
Miyamizu Yotsuha
Miyamizu Hitoha 
Natori Sayaka 
Okudera Miki
Takagi Masahiro
Teshigawara Katsuhiko

 

Music

 Untuk musik pada anime movie kimi no na wa ini sangat menyentuh dan sangat pas dengan suasana anime movie ini, terutama pada bagian ending yang membuat kita semakin menghayati cerita dengan musik yang sangat menyentuh.

Untuk musik sendiri di buat oleh band RADWIMPS yang mempunyai aransemen yang sangat pas untuk anime movie ini, jadi musik dalam anime movie ini sangat mendukung jalannya cerita dan semakin menjadikan anime movie ini semakin berkualitas.

 

Overall

Jadi kesimpulannya adalah anime movie kimi no na wa ini sangat di rekomendasikan untuk kalian yang menyukai anime bergenre utama drama dan romance.

Semua elemen baik dari cerita, art, charachter, dan music sangat mendukung anime movie ini, jadi semua elemen saling melengkapi dan membuat anime movie ini semakin bagus utntuk di tonoton.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Anime: Anime Movies 2016 - Kimi no Na wa (Your Name) "

Post a Comment